May 31, 2011

Halal Dried Tomatoes

A : "Buah kan pasti halal ya".
B : "Err..seharusnya iya. Karena buah kan bahan nabati gitu".
C : "Eh, belum tentu lho. Barusan saya baca artikel di blog iniTernyata buah segar terutama buah impor sebaiknya perlu diwaspadai karena pada buah segar terkadang diberi perlakuan coating (penyalutan) dengan tujuan mengatur laju respirasi sel-sel buah sehingga umur simpannya lebih lama, atau sekedar untuk mengilapkan buah sehingga tampilannya yang lebih menarik. Bahan penyalut inilah yang merupakan titik kritis buah segar".
A : "OooOooO".
B : "Teknologi pengolahan pangan dan pascapanen semakin mutakhir saja ya. Manusia semakin kreatif".
----*---*---*----*---*---*----*---*---*----*---*---*----*---*---*----*---*---*----*---*----*---*----

Aduh, semakin "rumit" saja ya hidup seorang Muslim. Mencari makanan yang halal dan thayyib semakin hari dirasa semakin sulit. Well, sebenarnya juga ga gitu-gitu amat sih :). Untuk kasus di Indonesia, inilah fungsinya LPPOM MUI. Lembaga yang merupakan subordinate dari MUI ini memang didirikan untuk men-support kerja MUI dalam menghadapi kemajuan zaman, kaitannya dengan pangan, obat-obatan dan kosmetika. Para punggawa LPPOM MUI merupakan ilmuwan-ilmuwan yang ahli di bidangnya, paham kerumitan proses pengolahan pangan, obat-obatan dan kosmetika serta teknologi terkini seputar ketiga subjek tersebut. 

Percakapan antara Si A, B dan C di atas merupakan contoh sederhana akan tantangan kemajuan IPTEK di era sekarang. Terkait pangan, jelas -sudah sering dibahas sebelumnya, bahwa pangan berlogo halal dari otoritas legal setempat dapat selalu dijadikan andalan untuk mendapatkan kepastian status kehalalan suatu produk. Kali ini, Tainan Halal akan berbagi informasi produk halal keluaran Bean's Group Food Science and Technology Co., Ltd. Produk buah tomat kering yang dihargai NT$120 ini sudah dilabeli halal oleh Taichung Mosque, salah satu dari dua otoritas legal di Taiwan yang telah di-approve oleh LPPOM MUI. Produk halal memang menentramkan. Setuju ? [TH/BP]


No comments: