Dec 16, 2011

[Q & A] Pasta Gigi Halal

Assalamu'alaikum

Tainan Halal, saya mau tanya. Produk pasta gigi Taiwan apakah ada yg mengandung unsur-unsur yang diharamkan? [TCW]

Jawaban:

Okay, Mas/Pak TCW, terima kasih atas pertanyaannya. Akan saya coba jawab secara detail berdasarkan rujukan dari LPPOM MUI serta pengetahuan dan pengalaman saya di lapangan.

Titik kritis kehalalan pasta gigi terletak pada beberapa substansi berikut:
a. Kalsium
Yang menjadi pertanyaan adalah kalsium yang digunakan berasal dari tulang binatang apa, apakah babi atau binatang yang lain. Padahal produk pasta gigi tak akan mencantumkan asal tulangnya.

b. Pemanis buatan 
Beberapa jenis pemanis buatan yang sering digunakan adalah sorbitol, gliserol, polietilenglikol dan floirida, serta dapat pula mengandung sodium lauril sulfat. Gliserol (a.k.a gliserin) yang digunakan pada pasta gigi bisa berasal hewani, nabati atau hasil samping petroleum. Namun secara komersial lebih banyak yang berasal dari sintesis dengan bahan dasar hasil samping petroleum.

c. Flavor
Flavor yang bisa berasal dari alkohol, bisa juga dari zat sejenis binatang berang-berang. 

Jadi, produk-produk pasta gigi produksi Taiwan, bisa jadi mengandung unsur-unsur atau substansi-substansi yang meragukan/diharamkan, seperti penjabaran di atas. Namun, sepemantauan saya, di hypermart atau toko-toko di Taiwan ada produk PASTA GIGI BERMEREK COLGATE asal MALAYSIA dan THAILAND yang sudah berlogo halal dari otoritas legal dari kedua negara tersebut. Perlu saya tekankan bahwa HANYA COLGATE PRODUKSI MALAYSIA dan THAILANDlah yang sudah berlogo halal, sedangkan COLGATE produksi Taiwan dan Vietnam tidak mencantumkan logo halal. Selain itu, ada juga pasta gigi DARLIE KIDS asal MALAYSIA yang sudah berlogo halal. Silakan cek gambar pasta gigi halal yang saya sebutkan pertama di bawah ini (*maaf saya tidak menemukan foto produk kedua):

foto: Eti Nuswandari; spotted at POYA LIVING MART, Chiayi


foto: Wati Usman

Mengenai sikat gigi, silakan pilih yang "bulu sikatnya" sintetis (*seperti plastik) karena belakangan ini banyak muncul sikat gigi yang berbahan baku BULU (*sebagian besar dari BULU BABI) dengan alasan lembut dan nyaman (*tetapi HARAM untuk kita pakai). Demikian. [TH/BP]

No comments: