Nov 8, 2010

Vegetarian Noodles (part 2)

Kontributor foto : Chipta P.L dan Ramzi Adriman


Bagi penggemar instant foods, mie siap saji merupakan alternatif makanan berkarbohidrat yang selalu dicari. Berikut dua jenis mie instan yang direkomendasikan oleh para kontributor :

 


Mie instan pertama, yang mencantumkan identitas salah satu convenience store terkemuka di Taiwan, tidak sepenuhnya "aman". Silahkan mencermati gambar ke-3, maka akan tampak karakter  (lu3wei4) yang mempunyai arti "mengandung daging dari sumber yang tidak diketahui". Di bagian ingredients list, tercantum tulisan you3zhi2lei4 (fats and oil) yang tidak disebutkan detail sumbernya; plant-based atau animal-based. You3zhi2lei4 umumnya didapati dalam kemasan sachet terpisah, standar packaging mie instan. Saran TH, jika "terpaksa" membeli mie instan ini, buang saja sachet you3zhi2lei4-nya dan konsumsi mie bersama bumbu instan yang tersedia.

Sedangkan untuk mie instan kedua, semua komposisinya insya Allah aman. Minyak yang digunakan adalah plant-based, substansi tambahannya sebagian besar food-grade chemicals dan sumber proteinnya berupa 素肉 (su4rou4) yang dialamatkan untuk diet para vegan. Wallahu a'lam bisshawab. [TH; BP]

No comments: