Feb 14, 2010

Hati2 Memilih/Membeli Egg Roll

Di Taiwan, egg roll merupakan salah satu camilan maupun alternatif oleh-oleh yang cukup populer. Banyaknya variasi egg roll, terkadang dengan rasa-rasa unik yang tak pernah terpikirkan, memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Namun, tak semua egg roll halal dan thoyyib. Coba perhatikan komposisi egg roll ber-flavour sesame atau wijen berikut :
Di bagian yang dilingkari merah tertulis HYDROGENATED LARD. Lard adalah lemak jenuh yang merupakan turunan dari babi. Jadi, hukum makanan/minuman yang mengandung LARD, jelas HARAM.

Selain itu, silahkan perhatikan kemasan egg roll ini :
Pada bagian yang dilingkari merah tercantum MONO- AND DIGLYCERIDES OF FATTY ACIDS, POLYGLYCEROL ESTERS OF FATTY ACIDS, dan PROPYLENE GLYCOL ESTERS OF FATTY ACIDS. Ketiganya merupakan emulsifiers. Seperti yang telah sedikit dibahas pada postingan sebelumnya, status kehalal-an emulsifier tergantung pada sumber/asalnya. Untuk ketiga jenis emulsifier tersebut, status kehalal-annya tergantung dari asal fatty acids atau asam lemaknya. Jika asam lemaknya berasal dari hewan, maka perlu dicermati lebih lanjut jenis hewan dan cara menyembelihnya. Dan jika bersumber dari tanaman/tumbuhan, maka statusnya HALAL.
Tips dari Tainan Halal : jika Anda ingin membeli egg roll, maka pilihlah yang untuk vegan ; 素食 (sùshí; vegetarian food). Setelah memilih yang tipe sùshí, jangan lupa bertanya lebih lanjut mengenai ingredients/komposisi egg roll yang ingin Anda beli, apakah mengandung 酒 (jiǔ; alkohol) atau substansi2 haram lainnya. Wallahu ‘alam bisshawab. [TH; BP]

No comments: